Kebotakan – Faktor Keturunan Atau Bukan?

1459041p

Masalah rambut seperti rontok,menipis, dan botak biasanya disebabkan oleh berbagai faktor. Bisa jadi masalah yang anda alami karena efek samping obat-obatan, stress, berat badan menurun, dan juga gaya hidup. Tetapi, banyak yang mengansumsikan bahwa kebotakan terjadi karena genetika. Pernyataan tersebut sebenarnya belum bisa dipastikan kebenarannya. Bisa saja orang tua anda mengalami rambut rontok dan botak, tetapi anda sendiri tidak mengalami hal tersebut.

Jika anda mulai memiliki tanda-tanda kebotakan, seperti rambut rontok dan menipis, anda bisa meruntut gen dari keluarga anda. Apakah ayah atau ibu anda mengalami hal sama? Atau mungkin anda juga bisa melihat paman, bibi dan bahkan kakek atau nenek anda. Sebenarnya rambut rontok tidak terjadi pada semua keturunan dalam satu keluarga, bisa jadi kakek anda mengalami kebotakan, tetapi anaknya atau dalam hal ini ayah anda, tidak mengalami kebotakan. Rambut rontok berdasar genetika ini bisa terjadi melewati generasi, dimana tidak semua anggota keluarga anda mengalami rambut rontok yang berujung pada kebotakan.

Pada umumnya, pria yang mengalami kebotakan karena gen, rambut rontok dimulai di bagian depan kepala dan menuju ke bagian atas kepala. Biasanya diawali dengan kerontokan dan rambut semakin menipis, dan yang akhirnya terjadi kebotakan.

Kebotakan adalah kondisi permanen, dimana anda akan merasa kurang menarik dan kurang percaya diri. Sekarang, banyak pilihan pengobatan rambut rontok yang tersedia. Anda bisa memilih produk yang berguna untuk memperlambat atau yang mengembalikan keindahan rambut anda.

Banyak orang yang mengalami rambut rontok memilih untuk menggunakan obat. Minoxidil adalah produk perawatan rambut yang bisa anda gunakan dengan menggosokannya ke kepala, sedangkan finasteride adalah obat oral. Keduanya sangat efektif dalam mengobati kerontokan rambut karena genetika. Tetapi, efek samping dari kedua obat tersebut adalah jika anda berhenti mengkonsumsinya, maka masalah rambut rontok anda akan terjadi lagi.

Bagi orang yang memiliki kemampuan finansial lebih, lebih memilih cara praktis untuk mengatasi rambut rontok. Dengan transplantasi rambut, anda akan mendapatkan solusi rambut rontok secara permanen. Cara ini sangat praktis dan menghemat waktu anda, namun tentu saja memerlukan dana yang lebih banyak. Hasil dari transplantasi rambut bergantung pada tingkat kebotakan anda. Jika kebotakan anda masih pada tahap awal, prosedur ini akan bekerja sangat baik. Namun, bisa saja hasilnya tidak sesuai dengan harapan anda.

Mencegah kebotakan bisa dilakukan sedini mungkin. Anda bisa tidak terpengaruh oleh mitos botak adalah faktor gen, sebaiknya anda mulai hidup sehat. Jauhi stress, cukup tidur, mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung gizi untuk rambut, dan selalu menjaga kesehatan serta kebersihan rambut. Dengan demikian, anda bisa mematahkan mitos bahwa kebotakan adalah faktor genetika. Ketika anda mengalami rambut rontok, segera rawat rambut anda agar terhindar dari kebotakan.

This entry was posted in Penumbuh Rambut. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>